Kamis, 08 Desember 2011

8 Tahun Berkarier, TVXQ Janji Tak Akan Pernah Berubah

Jakarta - Ada sebuah kalimat terkenal tentang TVXQ, "There will never be a 3rd generation of Korean idol group because there will never be a group who can surpass 2nd generation idol group TVXQ."

Generasi pertama adalah girlband dan boyband pada tahun 1990-an. Ucapan itu begitu terkenal karena TVXQ bisa dibilang menandai lahirnya idola KPop generasi kedua. Dan orang meragukan generasi ketiga tak akan pernah ada karena tak ada boyband yang cukup istimewa untuk menandai lahirnya generasi ketiga.

Kalimat tersebut memang tak bisa dibilang main-main. Tahun 2008, TVXQ masuk buku rekor dunia Guinness Book of World Records sebagai grup dengan fans terbanyak. Mereka memiliki 800 ribu fans terdaftar di Korea, 500 ribu fans Jepang, dan 500 ribu fans internasional.

Tak hanya itu, mereka juga tercatat sebagai selebriti yang paling banyak difoto di dunia. Dari hari mereka debut sampai 19 Maret 2009, TVXQ diperkirakan telah difoto sebanyak 500 juta kali di majalah, sampul album, iklan, dan sebagainya. Jumlah sebanyak itu termasuk foto individu dan foto grup. Luar biasa!



Di ajang penghargaan, TVXQ adalah satu-satunya artis SM Entertainment yang memenangkan dua Golden Disk Daesang untuk kategori penjualan album fisik. SNSD dan Super Junior hanya pernah menang satu saja. Itu hanya sebagian kecil dari berbagai prestasi yang pernah dicapai TVXQ.

Meski demikian, TVXQ tetap rendah hati. Seperti apa grup dengan julukan 'The Almighty TVXQ' itu melihat diri mereka 10 tahun ke depan?

"Kami mungkin masih ada di industri ini, melakukan apa yang kami lakukan sekarang. Kami harap masih bisa tampil saat itu, tetapi dari sisi stamina, aku tak yakin kami masih kuat," ujar Changmin saat sesi wawancara dengan xinmsn Singapura. "Aku mungkin berkolaborasi dengan penyanyi junior atau mungkin memulai karier sendiri seperti akting," tambah Yunho.



TVXQ juga menyadari benar, fans lah yang mengantarkan mereka sampai sejauh ini. Changmin pun mengungkapkan rasa terima kasihnya. "Aku sangat berterima kasih pada semuanya untuk sambutan yang meriah pada kami. Ketika sedang banyak orang, aku senang dan merasa lebih berani. Ketika kembali ke panggung, setiap senyum dari kalian bersinar. Aku benar-benar berterima kasih. Aku akan bekerja lebih keras," paparnya.

Tersisa dengan dua anggota, tak lantas membuat TVXQ jatuh dan tak bisa bangkit lagi. Mereka mengaku tak ada dan tak akan ada yang berubah dengan TVXQ.

"Tak peduli saat debut atau sekarang, TVXQ masih TVXQ," ucap Yunho. Changmin menimpali, "Dari awal sampai sekarang dan di masa depan, kami akan selalu menjadi TVXQ dan itu tak akan pernah berubah. Kalau pun kami gagal, tak perlu ada yang disesali."


 (ast/ast)detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar