Kamis, 08 Desember 2011

Manchester United Tidak Berkualitas, Begitu Perkataan Mantan Pemain MU


Sydney - Setelah Roy Keane, Manchester United kembali dikritik seorang mantan pemainnya. Adalah Mark Bosnich yang menilai skuad MU saat ini kurang punya kualitas.

MU tersingkir dari Liga Champions setelah kalah 1-2 dari Basel, Kamis (8/12/2011) dinihari WIB, kendati sebenarnya hanya butuh hasil seri untuk melaju ke babak 16 besar.

Di dalam pertandingan, Wayne Rooney diplot sebagai penyerang tunggal di lini depan, dengan winger veteran Ryan Giggs sedikit digeser ke tengah untuk menopangnya.

Sejumlah peluang sukses dicatatkan para pemain MU, meski kesulitan mengubahnya jadi gol. Kelengahan lini belakang The Red Devils bahkan membuat Basel bisa memimpin 2-0 lebih dulu, sebelum MU membuat gol hiburan di menit-menit akhir.

"Selama empat atau lima tahun terakhir, (sukses) MU dibangun di atas pertahanan yang solid," ulas Bosnich menilai kurang okenya pertahanan MU, dalam wawancara kepada talkSPORT.

Kekurangan MU, lanjut Bosnich, bukan cuma di sektor pertahanan. Menurutnya tim besutan Sir Alex Ferguson itu saat ini juga kurang tajam di depan.

"(Cristiano) Ronaldo dan Rooney dulu adalah faktor x-nya tapi kini mereka tak punya kualitas setipe itu lagi. Salah satu masalah terbesar adalah kurang banyaknya gol dan tidak adanya seorang pemain (bertipe) nomor 10 (playmaker --red)."

"Sepakbola Eropa adalah salah satu yang terberat dan Anda butuh seseorang untuk menempati posisi tersebut. Ferguson pernah mencoba Rooney di posisi itu tapi bertandang ke Basel dan hanya menempatkan satu penyerang buatku adalah masalah," analisisnya.

Mantan kiper MU periode 1999–2001 tersebut pun mewanti-wanti agar MU segera mencari pemain yang mampu mengatur irama permainan alias playmaker demi bisa tampil lebih baik.

"Mereka benar-benar tak punya gelandang kelas dunia. Giggs tampil bagus (lawan Basel) Rabu malam, tapi itu bukan posisi naturalnya. Mempertimbangkan usianya, ia melakukan tugas fantastis tapi mereka benar-benar butuh seorang pemain yang berada di antara pemain tengah dan pemain bertahan lawan."

"Itulah pemain yang harus mereka bidik, seseorang yang bisa menciptakan kesempatan-kesempatan, terutama saat pertahanan mereka tidak seperti dulu lagi," simpul Bosnich.

Sebelumnya, kritik terhadap MU juga dilayangkan oleh Keane yang merupakan mantan kapten sekaligus ikon di Old Trafford.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar